Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Resmi Laporkan Bupati James Ke Komnas Ham, Fraksi PKB: Siap Lindungi PNS, Kades, Dan BPD Dari Ancaman Bupati

Redaksi
02 Februari 2024
Last Updated 2024-03-21T01:38:51Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Albert Hama dan Saurlin P Siagian.|| Foto: Istimewa 

Jailolo, Falanusantara.id
-- Fraksi PKB resmi melaporkan Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) Republik Indonesia di Jakarta Pusat.


Laporan yang dilayangkan oleh Ketua Fraksi PKB Albert Hama melalui pesan aplikasi WhatsApp pada Jum'at (2/2/2024) tadi, terkait Bupati James yang diduga Intimidasi PNS, Kepala Desa serta BPD.


Dalam isi laporan tersebut, ada 5 poin yang disebutkan diantaranya sebagai berikut:


1. Bahwa saat ini Inspektorat Halmahera Barat sedang melakukan pemeriksaan terhadap Dana Desa (DD) dan targetnya adalah wajib temuan sehingga para Kepala Desa takut dan harus mengikuti arah politik Bupati.


2. Para ASN di ancam pindah ke tempat yang jauh dan akan non job kepada mereka yang memiliki jabatan.


3. LHP BPK tahun 2022 yang seharusnya diserahkan kepada Kepala Desa pada bulan November tahun 2023, diulur sampai akhir bulan Januari barulah diserahkan sehingga menjadi bahan untuk menakut-nakuti Kepala Desa.


4. Intervensi pencairan anggaran di Keuangan Halbar hanya dicairkan kepada orang-orang tertentu yang bisa diajak kerja sama dengan Partai penguasa, terlebih khusus istri Bupati yang juga adalah Caleg Provinsi dari Partai Demokrat dan adik kandung Bupati yang saat ini mengikuti Caleg Kabupaten dari Partai Demokrat.


5. Pembagian BLT dan kartu sehat dilaksanakan menjelang pemilu.


"Kami mohon Komnasham melakukan langkah-langkah pencegahan karena hal ini sangat melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Demikian disampaikan untuk menjadi perhatian Komnasham," Kata Albert Hama.


Albert yang juga selaku Ketua Bidang Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa DPP Persatuan Alumni GMNI serta Ketua Umum Forum Cendekiawan Melanesia Indonesia (Forkamsi) ini menghimbau, kepada para PNS, Pemdes dan BPD agar, tidak takut terhadap tekanan penguasa.


"Dengan segala upaya saya siap mengamankan bapak ibu dalam ancaman apapun termasuk siap mengamankan jika ada gertakan dari penguasa akan melaporkan bapak ibu Kepala Desa ke aparat penegak hukum," Tegasnya.


Sementara Komisioner Pengkajian Dan Penelitian Komnasham, Saurlin P. Siagian ketika dikonfirmasi wartawan melalui pesan WhatsApp tadi, mengaku bahwa, pihaknya telah menerima laporan dari Albert Hama.


"(Laporan) sudah diterima, laporan sedang dianalisis Bidang Pengkajian," Ungkapnya.


Penulis: Putee

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl