Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Loka Monitor SFR Ternate Gelar Bimtek di Halmahera Barat

Redaksi
23 April 2024
Last Updated 2024-04-23T13:47:29Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Sosialisasi dan bimtek di Desa Saria.|| Dok: Putee

Halbar, Falanusantara.id
-- Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Ternate, Maluku Utara, menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) sertifikasi operator radio LRC tahun 2024 untuk masyarakat nelayan.

Kali ini, Loka Monitor SFR Ternate menggelar kegiatan tersebut yang bertempat di Desa Saria, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, pada Selasa, 23 April 2024 tadi. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halbar, Agustinus H. Mahole, dan dihadiri oleh Organisasi Lokal (Orlok) Orari Halbar, mewakili Sultan Jailolo Ahmad Hidayat Sjah, Jo'u Ngofa Radityo Danu dan puluhan warga Desa Saria.

Kepala Kantor Loka Monitor SFR Ternate, Syahril Amir mengatakan, kegiatan yang digelar itu tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berprofesi nelayan terkait informasi melalui radio ketika ada kendala saat berada di laut.

Syahril menyebutkan, rata-rata para nelayan belum dilengkapi dengan fasilitas radio. Menurutnya, alat komunikasi berupa radio merupakan salah satu persyaratan keselamatan saat berada di lautan.

“Ini kalau saya amati atau melihat langsung kapal-kapal nelayan belum dilengkapi dengan fasilitas radio, jadi sebenarnya salah satu persyaratan keselamatan di laut itu harus dilengkapi dengan peralatan komunikasi dalam hal ini komunikasi Radio,” Kata Syahril, di Jailolo.

Menurutnya, nelayan sangat penting untuk mempunyai alat komunikasi radio karena ketika terjadi hal-hal yang emergency (Darurat) bisa meminta bantuan atau pertolongan melalui alat komunikasi tersebut.

Untuk itu, dirinya berharap agar masyarakat nelayan segera melengkapi fasilitas sarana yang memadai seperti radio.

"Sehingga ada apa-apa di laut, mereka (nelayan) bisa memberikan informasi atas kendala atau lain-lain melalui radio," Ujarnya. (Putee/PN)

Penulis : Arip M. Samsudin 
Editor   : Redaksi 
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl