Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Bapenda Halmahera Barat Gelar Sosialisasi Pajak dan Retribusi Daerah di 2 Kecamatan

Redaksi
07 Mei 2024
Last Updated 2024-05-07T12:43:23Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Sosialisasi Perda di Sahu dan Sahu Timur.|| Dok: Istimewa 

Halbar, Falanusantara.id
-- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Halmahera Barat, Maluku Utara, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2024 tentang pajak dan Retribusi Daerah.

Giat tersebut bertempat di Kecamatan Sahu dan Sahu Timur pada Selasa, 7 Mei 2024 tadi. Dalam kegiatan itu, dihadiri oleh seluruh Kepala Desa di dua Kecamatan tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Pendapatan dan Pengembangan Regulasi Apolos Fure mengatakan, Perda nomor 2 tahun 2024 itu mengatur tentang pajak dan retribusi daerah yang mengacu pada undang-undang nomor 1 tahun 2022 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 35 tahun 2023.

Ia menjelaskan, di dalam Perda yang disosialisasikan itu diantaranya, PBB-P2, pajak reklame, pajak air dan tanah, BPHTB, BPJT, pajak MBLB dan pajak sarang burung walet.

"Semua itu terangkum dalam satu Perda yang kami sosialisasikan," Katanya.

Sementara Kepala Bapenda Halbar, Chuzaemah Djauhar menyebutkan, Perda nomor 2 tahun 2024 merupakan turunan dari undang-undang nomor 1 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah dan PP nomor 35 tahun 2023 tentang pajak dan retribusi daerah.

"Jadi ada enam Kecamatan yang akan dilakukan sosialisasi. Sementara baru dua Kecamatan yang sudah kami turun sosialisasi, yaitu di Sahu dan Sahu Timur," Ujarnya.

Mantan Kepala BKAD Halbar ini menambahkan, untuk tarif pajak hotel dan tempat hiburan dikenakan 10 persen.

"Tempat hiburan di Halbar cuma satu saja untuk itu kami berharap agar para pelaku usaha patuh dan taat bayar pajak, terutama pajak hotel dan restoran serta pajak hiburan, sehingga dapat meningkatkan PAD," Tandas Caca Ema sapaan akrab Chuzaemah Djauhar. (Putee)

Penulis : Arip M. Samsudin 
Editor   : Redaksi 
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl