Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Erupsi Gunung Ibu, Badan Geologi: Gempanya Capai 300-400 Kali Sehari

Redaksi
12 Mei 2024
Last Updated 2024-05-12T14:04:24Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Gunung Ibu Erupsi.|| Dok: Istimewa 

Halbar, Falanusantara.id
-- Badan Geologi, Kementrian Sumber Daya Mineral (SDM) mencatat gempa vulkanik akibat dari erupsi gunung Ibu, Halmahera Barat, Maluku Utara, mencapai 300 sampai 400 kali dalam sehari. 


Kordinator Penyelidik Bumi Badan Geologi Sofyan Primulyana mengatakan, gunung api Ibu saat ini masih mengalami peningkatan aktivitas. Bahkan kata dia, masih berpotensi erupsi.


Hal ini disebabkan aktivitas kegempaan masih sangat tinggi, dari pantauan aktivitas kegempaan mencapai ratusan kali (300-400) dalam sehari.


"Dari hasil pantauan kami, perharinya aktivitas kegempaan nya bisa mencapai 300 hingga 400 kali gempa Vulkanik," Kata Sofyan, kepada awak media di Kantor Pos Pengamatan Gunung Ibu, Minggu, 12 Mei 2024.


Sofyan menjelaskan aktivitas kegempaan yang masih tinggi ini mengindikasikan bahwa suplai magma dari bagian dalam masih cukup tinggi.


"Sehingga potensi untuk terjadinya letusan itu masih sangat mungkin," Jelas Sofyan.


Dari hasil pengamatan gunung Ibu lanjut Sofyan, kembali erupsi pada pukul 00:58 WIT. Meski begitu, tinggi kolom abu tidak teramati lantaran tertutup kabut. 

Menurutnya, erupsi tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 20 detik.


"Meningkatnya aktivitas gunung Ibu ini warga di sekitar lereng gunung dihimbau untuk tidak beraktivitas di radius 3 kilometer dan di perluasan sektoral 5 kilo meter dari bukaan kawah," Imbuhnya. (Putee)


Penulis : Arip M. Samsudin 

Editor   : Redaksi 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl