Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Gunung Ibu Erupsi, BPBD Halmahera Barat Imbau Warga Gunakan Masker saat Beraktivitas

Redaksi
08 Mei 2024
Last Updated 2024-05-11T04:38:18Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Erupsi di gunung Ibu.|| Dok: Istimewa 

Halbar, Falanusantara.id
-- Gunung Ibu yang terletak di Kecamatan Ibu Utara, Halmahera Barat, Maluku Utara, dilaporkan terjadi erupsi pada Rabu, 8 Mei 2024 sekitar pukul 11.11 Wit.

Dilansir dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu yang teramati kurang lebih 1500 meter di atas gunung atau 1825 di atas permukaan laut.

"Tinggi kolom abu yang teramati kurang lebih 1500 meter di atas puncak gunung atau 2825 meter di atas permukaan laut. Kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut," Tulis PVMBG dikutip Falanusantara.id.

Menindaklanjuti laporan PVMBG, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halbar Wawan Gunawan M.T, Ali menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Tabaru dan sekitarnya agar menggunakan masker saat beraktivitas di dalam maupun di luar rumah.

Wawan menjelaskan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 1 menit 28 detik. 

"Teramati lontaran lava pijar dengan jarak lk 500 m ke arah barat, barat laut dan barat daya, juga terdengar suara dentuman disertai gemuruh. Untuk itu, diimbau kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Tabaru dan sekitarnya agar berhati-hati terhadap hujan abu, selalu menggunakan masker saat melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar rumah serta tidak panik dan termakan informasi hoax," Imbuhnya.

Ia juga menghimbau, apabila ada informasi terbaru segera menyampaikan ke BPBD Halbar atau pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Desa setempat. (Putee)

Penulis : Arip M. Samsudin 
Editor   : Redaksi 
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl