Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Masih Berstatus Level IV (Awas), Kepala BNPB: Tanggap Darurat Diperpanjang 14 hari

Redaksi
30 Mei 2024
Last Updated 2024-05-30T13:17:47Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Suharyanto saat meninjau lokasi pengungsian.|| Dok: Ilyas/JurnaOne

Halbar, Falanusantara.id
-- Status tanggap darurat diperpanjang 14 hari mengingat aktivitas gunung Ibu Halmahera Barat, Maluku Utara, masih berada pada level IV (Awas).


Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letnan Jenderal (Letjen) TNI Suharyanto saat meninjau lokasi pengungsian di Desa Gam Ici, Kecamatan Ibu. Kamis (30/5/2024) siang tadi.


"Status tanggap darurat sudah ditetapkan mulai 14 hari  kemarin dan sekarang diperpanjang sampai 14 hari lagi. Karena tanggap darurat memang tidak ada batasan waktu, tetapi tergantung situasi di lapangan," Kata Letjen TNI Suharyanto yang juga Jenderal bintang tiga itu.


Ia mengatakan, aktivitas gunung Ibu sudah relatif lebih baik dibanding erupsi di awal bulan Mei. "Memang 4 hari kemarin naik lagi tetapi tidak setinggi seperti erupsi yang pertama kali. Ini berarti sudah ada penurunan, kemudian kemarin siang naik sedikit sehingga kami belum bisa menurunkan status gunung api Ibu," Terang Letjen Suharyanto.


Suharyanto menambahkan, jika PVMBG menyatakan status gunung api Ibu kembali normal maka pihaknya akan menurunkan status gunung tersebut.


"Kita lihat satu-dua hari kedepan jika PVMBG menyatakan status gunung sudah normal maka kita akan turunkan status gunung dari level IV (Awas) ke level III (Siaga) dan para pengungsi bisa dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing," Tandasnya. (Putee)


Penulis : Arip M. Samsudin 

Editor   : Redaksi 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl