Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Waspada, Gunung Ibu Halmahera Barat Kembali Erupsi

Redaksi
11 Mei 2024
Last Updated 2024-05-11T10:53:17Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Gunung Ibu Halmahera Barat .|| Dok: Istimewa 

Halbar, Falanusantara.id
-- Melalui laporan resmi dari Pos Pengamatan Gunung Api Ibu menginformasikan bahwa Gunung Api Ibu, Wilayah Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara kembali Erupsi. 


Tertanggal 11 Mei 2024, pukul 00:24 WIT, Erupsi Gunung Api Ibu terekam di seismogram Pos Pengamatan Gunung Api Ibu.


"Dalam rekaman seismogram, Gunung Api Ibu kembali mengeluarkan tinggi kolom abu teramati ± 4.000 m di atas puncak ± 5.325 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini ± 6 menit 27 detik," Terang petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ibu, Axl Roeroe.


Ia bilang, Erupsi itu juga teramati lontaran lava pijar setinggi lk. 800 meter di atas puncak. Dan juga teramati lontaran lava pijar jatuh sampai 1000 meter dibawah bibir kawah. Selain itu, terdengar suara dentuman dan gemuruh sampai di Pos PGA Ibu.


"Erupsi Gunung Ibu masih terus berlangsung, dan sampai saat ini untuk status Gunung Ibu berada pada Status Level III (Siaga),"katanya.


Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar lereng Gunung Ibu agar tidak beraktivitas di radius 3 kilo meter dan perluasan sektoral berjarak 5 kilo meter ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.


"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata," Imbuhnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl