Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Kembali Erupsi, Gunung Api Ibu Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

Redaksi
09 Juni 2024
Last Updated 2024-06-09T11:24:44Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates


Halbar, Falanusantara.id
-- Gunung api Ibu, Halmahera Barat, Maluku Utara Minggu (9/6/2024) sekitar pukul 18.26 Wit, kembali erupsi dan menghembuskan abu vulkanik setinggi kurang lebih 2000 meter di atas puncak gunung (3.325 meter di atas permukaan laut).


Berdasarkan data yang diterima dari Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ibu menyebutkan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini ± 1 menit 40 detik. "Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat," Kata petugas Pos PGA Ibu.


Gunung Ibu saat ini masih berada pada Status Level IV (Awas). Untuk itu masyarakat disekitar gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan dihimbau agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral 7 km ke arah bukan kawah di bagian utara.


Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata). Kemudian, Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. (Putee)


Penulis : Arip M. Samsudin 

Editor   : Redaksi 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl