Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Luar Biasa, Dua Desa di Halmahera Barat Masuk Dalam ADWI

Redaksi
08 Juni 2024
Last Updated 2024-06-08T14:17:02Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Kepala Disparpora Halmahera Barat Fenny Kiat.|| Dok: Am

Halbar, Falanusantara.id-
- Desa Naga kecamatan Ibu dan Desa wisata Lapasi atau Lako Akelamo Kecamatan Sahu, Halmahera Barat, Maluku Utara masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).


Kepala Disparpora Halbar Fenny Kiat kepada wartawan menjelaskan, ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria penilaian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Fenny bilang, dengan masuknya Desa Naga dalam ADWI maka Halbar memiliki dua Desa wisata yang masuk dalam ADWI, dimana Desa Lapasi (Lako Akelamo) dianugerahi sebagai ADWI pada tahun 2022 lalu dan di tahun 2024, Desa Naga kembali masuk dalam ADWI tersebut.


Ia menyebutkan, Halbar mengusulkan dua Desa yakni Desa Naga diusulkan bersama Desa Gamtala, bersaing dengan 6015 Desa seluruh Indonesia. Dari 6000 Desa lanjut Fenny, disaring menjadi 500 desa, kemudian masuk ke 300 besar, 100 besar dan 50 besar. "Dan alhamdulillah, kita bersyukur karena Desa Naga mewakili Maluku Utara," Kata Fenny baru-baru ini.


Dikatakan Fenny, Desa Naga memiliki daya tarik satu- satunya di Halmahera Barat yakni river tubing. "Desa Naga memiliki sungai yang bisa dikembangkan menjadi wisata arum jeram," Ujarnya.


Fenny menambahkan, Pemda Halbar melalui Disparpora sudah memberikan bantuan guna mendukung potensi wisata yang ada di Desa Naga tersebut. 


"Pemda melalui Dinas Pariwisata sudah memberikan bantuan berupa kebutuhan yang digunakan saat menikmati arus sungai Desa Naga. Dan wisata Desa Naga juga saat ini sudah mulai dikunjungi oleh para wisatawan, meskipun tergolong baru, tapi dalam satu tahun bisa capai ratusan orang," Tutup Fenny. (Putee/ADV)


Penulis : Arip M. Samsudin 

Editor   : Redaksi 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl