Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

PVMBG Turunkan Status Gunung Api Ibu, Begini Penjelasnya

Redaksi
21 Juni 2024
Last Updated 2024-06-21T06:45:21Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Ketua Pos PGA Ibu, Axl Roeroe.|| Dok: Am

Halbar,
Falanusantara.id-- PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ibu, Halmahera Barat, Maluku Utara, menurunkan status gunung api Ibu dari level IV (Awas) ke level III (Siaga).


Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ibu, Axl Roeroe ketika dikonfirmasi Falanusantara.id di Pos PGA setempat, Jum'at (21/6/2024).


"Berdasarkan evaluasi dari kami PVMBG bahwa hari ini telah dievaluasi aktivitas gunung api Ibu dari level IV (Awas) turun menjadi level III (Siaga)," Ungkap Axl.


Axl menjelaskan, penurunan level tersebut dilihat dari aktivitas kegempaan dan visual. Dua metode itu yang dipakai untuk evaluasi penurunan status aktivitas gunung Ibu.


Ia menuturkan, aktivitas kegempaan gunung api Ibu masih fluktuatif, meskipun masih berpotensi terjadi erupsi, namun relatif menurun.


"Kita lihat potensi bahaya utamanya seperti awan panas dan aliran lava belum teramati. Yang teramati ketika terjadi erupsi hanya lontaran lava pijar," Katanya.


Meski aktivitas gunung Ibu sudah turun, tambah Axl, masyarakat, pengunjung dan wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di radius 4 km dan perluasan sektoral 5 km dari utara kawah gunung. (Putee)


Penulis : Arip M. Samsudin 

Editor   : Redaksi 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl