Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Pulau Morotai Diguncang Gempabumi Tektonik Magnetudo

Redaksi
19 September 2024
Last Updated 2024-09-19T10:00:58Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Ilustrasi

Morotai, Falanusantara.id
– Gempabumi tektonik magnetudo 5.6 skala richter guncang Pulau Morotai, Maluku Utara pada Kamis (19/9/2024), sekitar pukul 16.45 WIT. Dampak gempabumi ini dirasakan hingga Halmahera Utara dengan skala intensitas III-IV MMI atau getaran terasa di dalam rumah.


Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnetudo 5.6, sedangkan episenter gempa bumi ini terletak pada jarak 50 km timur laut Daeuba, Maluku Utara dengan kedalaman gempa 32 km.


“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Pasifik. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik”tulis BMKG melalui reles resminya.


Sementara itu hingga pukul 18.25 WIT, gempa susulan terjadi sebanyak 4 kali dengan magnetudo masing-masing 3.6 hingga 4.6 magnetudo. warga dihuimbau tetap waspada dan tenang serta tidak terpengaruh dengan informasi hoax, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami. (Putee/Rls)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl